Barcelona, Catalonia

Jaman sekarang kalau pergi traveling lalu lupa bawa headset atau earphone, rasanya ada yang kurang banget. Bawaannya sangat gelisah kalau sepanjang jalan ngga menyumpal sesuatu di telinga dan mendengarkan musik. Setuju kan?

Biasanya kalau habis cek tiket pesawat murah di Reservasi.com pinginnya langsung menyiapkan segala perlengkapan untuk dipacking nanti kan. Nah, jangan sampai lupa bawa earphone. Kalau perlu siapkan cadangannya.

Soalnya, pasti pernah kan mengalami adegan dalam perjalanan, duduk di samping jendela, lalu dengerin musik sepanjang jalan dengan mengarahkan tatapan ke luar. Seolah olah perjalanan itu adalah adegan dalam video klip dari musik yang sedang kamu dengarkan. Dan sering kejadian kalau musik yang didengar tiba-tiba akan sangat pas dengan latar perjalanan yang kamu lewati. Penting banget kan musik dalam perjalanan itu. Malah bakalan nambah cerita tersendiri.

Music is all around us

Kalau kita ngomongin soal musik dan perjalanan, rasanya musik yang dipilih pasti musik favorit lah ya. Tapi kamu mesti tahu kalau pas traveling bakal lebih seru lho dengerin musik yang sesuai dan bahkan mungkin belum pernah kamu dengarkan.

Entah kenapa ya, pas kita jelajahin daerah baru, justru bakal lebih terasa petualangannya ketika kamu juga mendengarkan lagu yang baru. Jadi, ketika mendengar lagu tersebut di lain kesempatan, kamu akan teringat perjalanan kamu.

Setelah nyiapin semua perlengkapan untuk traveling, kini saatnya kamu benahi playlist dengan lagu-lagu yang oke.

Apa Lagu Favoritmu?

Sekarang, coba kamu simak nih deretan lagu recommended yang bisa dijadikan playlist kamu selama perjalanan. Dengarkan dan dijamin kamu akan merasakan perjalanan selama traveling yang lebih bermakna.

Rainy Walk – Tatsuro Yamashita

Musik rekomendasi yang pertama ini datang dari Negeri Sakura, Jepang. Dengan bumbu genre musik jazz, Rainy Walk yang berasal dari album Mooglow yang dirilis tahun 1979 ini cocok sekali untuk didengarkan di kala hujan.

Bakalan pas banget kalau dengerin ini sambil duduk menyandarkan kepala di jendela kendaraan yang dihiasi rintik hujan. Bahkan dengerin sambil menyaksikan orang dan kendaraan yang lalu lalang di luar sana yang ditemani turunnya hujan dari jendela salah satu kamar hotel di Makassar juga oke lho. Apalagi pemandangan di Makassar terkenal super ciamik dan masih jauh dari tangan jahil.

“Rainy Walk, Rainy Walk
Silver Rainy Walk, Rainy Walk”

The Long And Winding Road – The Beatles

Kalau dengerin lagu ini perasaan bakal kebawa seolah olah sedang melakukan perjalanan road trip yang memiliki jalur lurus dan seperti tak berujung. Jalanan sepi yang menghubungkan dari satu kota ke kota terpencil. Dari perbatasan yang satu hingga ke perbatasan lainnya. Keren lah.

Bisa banget dapet feel-nya selama kamu mendengarkan lagu ini ketika sedang menjelajah pedalaman Kalimantan dengan jalan yang bersisian langsung dengan sungai besar. Ngga cuma itu, bakal epik banget kalau sambil jalan kamu dipayungi pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Mau kamu melakukan perjalanan dengan mobil, bus, atau kereta pun, rasanya cocok banget buat dengerin musik ini.

“The long and winding road that leads to your door
Will never disappear
I’ve seen that road before it always leads me here
Leads me to your door”

I Started A Joke – Bee Gees

Wah, lagu ini sih cocok banget buat kamu yang jadiin perjalanan traveling sebagai ajang untuk berkontemplasi, rasanya pas aja gitu tiap lirik dari lagu ini.

Kita tahu kok, hidup ini sering banget kelihatan seperti sebuah lelucon. Kadang kita merasa kita tahu segalanya, tapi ternyata saat mengambil keputusan nyatanya hal tersebut menjerumuskan kita kepada sesuatu yang merugikan dan menyedihkan. Lucu kan.

Lagu ini cocok sekali didengar ketika kamu sedang traveling menggunakan kereta lintas negara di belahan bumi Eropa di sore hari saat menjelang senja.

Ditambah lagi sepanjang perjalanan, kamu duduk di pinggir jendela menatap ke luar sambil melihat hamparan padang rumput hijau yang dilewati.

“I looked at the skies running my hands over my eyes
And I fell out of bed hurting my head from things that I said
‘Till I finally died which started the whole world living
Oh If I’d only seen that the joke was on me”

Senandung Maaf – White Shoes and The Couples Company

Kalau dalam perjalanan kamu ada kesempatan berjalan di tengah kota yang dikepung berbagai gedung pencakar langit, pas banget dengerin lagu ini. Bakal jadi luar biasa banget kalau ditemani dengan orang yang tercinta. Kalau sudah begitu pas banget dengerin lagu ini.

Siapa sih yang ngga tau lagu Senandung Maaf dari White Shoes and The Couples Company? Hampir semua orang tau kayanya ya. Apalagi pas lagu ini udah dijadikan original soundtrack beberapa film blockbuster di dalam negeri.

Lagu ini bakal cocok banget banget kalau situasinya sedang hujan rintik-rintik di luar jendela. Lalu kamu bisa merasakan segenap kehangatan di pundak kamu ketika ada kekasih yang tertidur pas di atas pundak..

“Merpati di atas dahan
Menyusun sarangnya
Kukembalikan hatimu
Seperti semula
Hapuskanlah lagu terangi cinta
Meniti lagu menyemat suka”

Surya Tenggelam – Chrisye

Lagi traveling ke padang ilalang yang adanya di atas tebing dan depannya langsung ke lepas pantai? Paling pas dengarkan lagu Surya Tenggelam yang dinyanyikan oleh sang legenda, Chrisye. Wahhhhh pas banget lah.

Bakalan epik banget sensasi yang akan menguar pas duduk di antara rumput ilalang yang bergoyang pelan tertiup angin sepoi-sepoi.

Apalagi kalau kamu melakukannya sambil menyaksikan matahari yang perlahan terbenam. Benar-benar akan menciptakan momen kontemplasi yang amat syahdu. Duh, jadi pingin buru-buru cek tiket pesawat murah di Reservasi.com buat terbang ke Sumba!

“Surya tenggelam
Ditelan kabut kelam
Senja nan muram
Di hati remuk redam”

1 COMMENT

Leave a Reply